Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 371 rumah warga berpenghasilan rendah (MBR) di daerah itu akan dibedah.

Kepala Dinas PUPR Rejang Lebong Yusran Fauzi di Rejang Lebong, mengatakan, program bedah rumah kalangan MBR ini akan dilaksanakan dalam dua kecamatan dengan jumlah rumah yang akan direhabilitasi sebanyak 371 unit.

"Program bedah rumah ini akan dilaksanakan di Kecamatan Curup Utara dan Kecamatan Curup Selatan dengan jumlah rumah yang akan dibedah sebanyak 371 unit," katanya.

Program bedah rumah yang diterima Kabupaten Rejang Lebong pada tahun ini tambah dia, berasal dari berasal dari DAK Kementrian PUPR, dengan besaran anggaran yang dikucurkan mencapai Rp7,5 miliar.

Jumlah rumah warga kurang mampu yang akan direhab itu sendiri jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami pengurangan. Pada 2017 lalu rumah yang dibedah sebanyak 510 unit yang tersebar dalam Kecamatan Curup, Curup Tengah dan Curup Utara.

Adapun rumah kalangan MBR yang akan direhabilitasi tersebut tersebar dalam 15 desa dengan rincian 10 desa di Kecamatan Curup Utara dan lima desa di Kecamatan Curup Selatan.

Untuk itu pihaknya kata dia, saat ini tengah melakukan verifikasi teknis calon penerima program bedah rumah tersebar dalam masing-masing desa, sedangkan proses pekerjaan fisiknya ditargetkan sudah mulai berjalan pada Juni mendatang.

Program bedah rumah ini dikucurkan pemerintah pusat dengan sifat swadaya, dana yang diberikan sebagai stimulan dan nantinya diharapkan akan memancing swadaya mayarakat guna membantu pembangunannya.

Dana yang diberikan pemerintah untuk setiap kepala keluarga yang rumahnya akan direhab menerima anggaran Rp15 juta, di mana kalangan warga penerima diwajibkan membentuk kelompok maksimal 20 KK.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018