Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini melakukan klarifikasi administrasi dukungan bakal calon dewan perwakilan daerah (DPD) di wilayah itu.

Komisioner KPU Rejang Lebong bidang teknis, Fahamsyah di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan klarifikasi administrasi dukungan untuk pencalonan DPD dalam bentuk foto copy KTP di daerah itu dengan jumlah sebanyak 389 lembar.

"Klarifikasi administrasi ini dilakukan sebelum pelaksanaan verifikasi faktual, dukungan yang di klarifikasi ini sebanyak 389 lembar foto copy KTP dari 10 bakal calon DPD yang dikirim KPU Provinsi Bengkulu," katanya.

Klarifikasi dukungan KTP terhadap DPD di wilayah itu, tambah dia, dilaksanakan oleh tim yang dibentuk KPU setempat dengan keanggotaan seluruh komisioner dan staf sekretariat KPU Rejang Lebong serta dibantu petugas PPK dari 15 kecamatan.

Proses klarifikasi ini dilaksanakan selama tiga hari terhitung 5-7 Mei, dan 8 Mei berkasnya sudah dikirim ke KPU Provinsi Bengkulu.

"Sejauh ini dari pengamatan kami foto copy KTP yang dikirim banyak yang hasil foto copy hitam dan sulit dibaca, tapi ini tetap akan kami cek guna memastikan dukungan warga terhadap bakal calon DPD nantinya," ujar Fahamsyah.

Pengecekan yang dilakukan pihaknya itu guna memastikan dukungan warga, kemudian mengetahui ada tidaknya dukungan ganda, dukungan dari warga yang berstatus TNI/Polri/PNS/Kades maupun dukungan dari penyelenggara Pemilu serta dukungan dari warga yang belum cukup umur.

"Dukungan ini kecuali oleh pensiunan TNI atau Polri maupun PNS, kalau masih aktif berdinas tidak boleh. Untuk memastikan status ini, petugas yang melakukan klarifikasi akan bertemu langsung dengan masing-masing warga yang memberikan dukungannya itu," tambah dia.

Jika nantinya sampai batas waktu klarifikasi petugas tidak berhasil menjumpai warga yang memberikan dukungan KTP terhadap bakal calon DPD ini, pihaknya akan menghubungi masing-masing bakal calon maupun tim pemenangan mereka yang ada di daerah masing-masing, guna meminta mereka menghadirkan warga yang mendukung tersebut.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018