Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Sepekan menjelang bulan suci Ramadhan, harga ayam potong dan ikan air tawar yang dijual pedagang pengecer di pasar tradisional Baru Koto, Kota Bengkulu, mengalami kenaikan masing-masing hingga Rp5.000 per kilogram.

"Harga ayam potong naik cukup tinggi, mencapai Rp45 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp40 ribu," kata Karyana, konsumen di pasar tradisional Baru Koto, Kamis.

Ia mengatakan sepekan sebelumnya, harga ayam masih Rp38 ribu per kilogram lalu naik menjadi Rp40 ribu dan kembali naik menjadi Rp45 ribu per kilogram.

Selain harga ayam potong, harga komoditas lainnya seperti ikan air tawar nila dan ikan mas juga mengalami kenaikan masing-masing Rp5.000 per kilogram.

Harga ikan nilai sebelumnya Rp25 ribu per kilogram naik menjadi Rp30 ribu dan ikan mas dijual Rp35 ribu per kilogram, naik dari sebelumnya Rp30 ribu.

"Sudah beberapa hari ini harga ikan terpaksa dinaikkan karena persediaan dari pemasok juga terbatas," kata Heri, pedagang ikan nila.

Tidak hanya ikan dan ayam potong, harga telur ayam ras juga mengalami kenaikan dari Rp40 ribu per karpet isi 30 butir menjadi Rp46 ribu.

Demikian pula harga bumbu seperti bawang merah dan cabai naik yakni untuk bawang merah menjadi Rp40 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp35 ribu.

Pedagang sayur-mayur, Simanjuntak, mengatakan harga cabai bertahan tinggi Rp40 ribu per kilogram dan kentang naik dari Rp8 ribu menjadi Rp10 ribu per kilogram.

"Hanya tomat yang turun dari sebelumnya Rp10 ribu menjadi Rp6 ribu per kilogram," katanya.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018