Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memfasilitasi sebanyak 10 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) dan kelompok usaha bersama nelayan yang ada di daerah itu dalam pendirian koperasi.

"Kami siap fasilitasi pokdakan dan kelompok usaha bersama nelayan yang sudah mempersiapkan diri untuk ditingkatkan kelompoknya menjadi koperasi," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Eddy Aprianto di Mukomuko, Jumat.

Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menargetkan pendirian sebanyak 10 koperasi dalam tahun ini.

Sebanyak 10 koperasi ini terdiri atas lima koperasi usaha budi daya ikan, termasuk pemasaran dan pengolahannya. Koperasi ini didirikan oleh lima pokdakan di daerah itu.

Kemudian lima koperasi bergerak di bidang usaha perikanan tangkap, termasuk pemasaran dan pengolahan ikan hasil tangkapan dari perairan laut di daerah itu.

"Lima koperasi usaha perikanan tangkap ini didirikan oleh lima kelompok usaha bersama nelayan setempat," ujarnya.

Ia menyatakan, meskipun sebanyak 10 koperasi tersebut terbagi menjadi dua, tetapi koperasi usaha bidang perikanan tangkap bisa melakukan usaha budi daya ikan air tawar.

"Kalau sudah ada koperasi, mereka bisa melakukan berbagai usaha yang bidang budi daya dan perikanan tangkap," ujarnya.

Ia menerangkan, pendirian koperasi ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi petani dan nelayan di daerah itu karena mereka bisa memanfaatkan dana koperasi yang bersumber dari anggota untuk modal usaha.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018