Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Anggota DPD RI Ahmad Kanedi mengatakan perlunya memperkuat nilai-nilai Pancasila kepada generasi milenial agar para penerus bangsa ini nantinya tidak mudah terhasut tindakan intoleran dan informasi hoax.

"Gererasi milenial atau yang lahir tahun 1990 ke atas, akses informasinya sangat tinggi karena hidup di zaman teknologi informasi. Kalau nilai Pancasila sangat dangkal tertanam, kita khawatir mudah termakan tindakan intoleran," kata Ahmad Kanedi di Bengkulu, Jumat.

Menurut dia, belakangan ini, nilai-nilai Pancasila mulai terkikis di tengah masyarakat sehingga, masyarakat mudah terpancing oleh tindakan-tindakan provokatif.

Melalui peringatan hari lahir Pancasila, lanjut senator asal Provinsi Bengkulu ini, menjadi momentum terbaik untuk menumbuhkan nilai-nilai tersebut.

Peringatan kali ini, saya mengajak pemuda dan mahasiswa di Bengkulu terlibat dalam sebuah kegiatan diskusi tentang memperkuat nilai Pancasila," katanya.

Dari kegiatan tersebut diharapkan mampu membentuk kader-kader yang mampu menyebarluaskan arti, nilai dan pemahaman tentang Pancasila.

"Agar para generasi milenial ini memahaminya, kita hadirkan para akademisi yang berkompeten mengupas dan mengulasnya," ujarnya.

Akademisi sekaligus Pakar Hukum Pidana Universitas Bengkulu, Prof. Dr. Herlambang SH, MH, dalam kegiatan diskusi publik tersebu menuturkan kurun waktu belakang memang mengindikasikan nilai-nilai Pancasila semakin tergerus.

"Seperti kita tahu, Pancasila merupakan sumber hukum, tetapi banyak yang kita lihat produk hukum seperti peraturan daerah terkesan tidak berlandaskan Pancasila, ini menjadi salah satu bukti," ujarnya.

Pewarta: Boyke ledy watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018