Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - PT Pertamina Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) memperkirakan peningkatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) saat arus mudik di wilayah itu akan terjadi pada Sabtu (9/6) atau H-6 Lebaran 2018.

"Konsumsi BBM diperkirakan mengalami lonjakan pada Sabtu atau H-6 dan sudah kami antisipasi," kata Manajer Komunikasi Pertamina Hermansyah Nasroen di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan selama arus mudik dan balik Idul Fitri tahun ini, konsumsi bahan bakar minyak jenis premium di Provinsi Bengkulu diperkirakan meningkat hingga 23 persen.

Sementara konsumsi BBM jenis pertamax diperkirakan meningkat 20 persen, dan pertalite meningkat 16 persen.

Untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, Pertamina telah menyiapkan satu unit mobil tanki tambahan dengan total kapasitas 16 kiloliter di Terminal BBM Pulau Baai, Kota Bengkulu.

Pihaknya juga menyiapkan cadangan untuk wilayah perbatasan Bengkulu-Sumatera Selatan di wilayah Kota Linggau sebanyak dua mobil tanki dengan kapasitas 32 kiloliter.

Sementara untuk wilayah Sumbagsel yakni Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi dan Lampung, peningkatan konsumsi bahan bakar jenis gasoline mencapai 19 persen dari konsumsi normal.

Khusus pada H-6 dan H-5 diprediksi menjadi puncak konsumsi gasoline mencapai 77 persen dari konsumsi normal.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018