Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Harga daging ayam di Pasar Atas Curup Kabupaten Rejang Lebong pada Selasa, H+4 Idul Fitri 1439 Hijriah Rp45.000 per kilogram.

"Ketika dua hari yang lewat kami jual Rp48.000 sampai Rp50.000 per kg, saat ini mulai turun menjadi Rp45.000 per kg," kata Darwin, pedagang ayam potong di pasar tradisional itu, Selasa.

Harga jual ayam potong, tambah dia, mengalami kenaikan yang cukup drastis pascalebaran. Kenaikan harga jual ayam potong ini karena masih banyak pedagang dan pemasok ayam yang libur.

"Saat ini masih banyak pedagang yang libur lebaran, sedangkan untuk permintaan dari konsumen cukup banyak, apalagi untuk jenis lauk-pauk lainnya seperti ikan juga masih sedikit sehingga mereka kebanyakan membeli daging ayam," ujarnya.

Selain harga daging ayam mengalami kenaikan hal serupa juga terjadi pada berbagai jenis sayuran dan ikan, kondisi seperti ini tambah dia, baru akan kembali normal sepekan setelah lebaran.

Sementara itu untuk penjualan daging sapi di kawasan Pasar Atas Curup sampai dengan H+4 Lebaran Idul Fitri masih bertahan Rp125.000 per kg. Harga ini lebih murah Rp5.000 dibandingkan dengan sehari sebelum hari rayau.

"Kalau sebelum lebaran kemarin harga daging sapi kelas I bisa sampai Rp130.000 per kg. Harganya masih tinggi karena belum banyak yang motong sapi dan pedagangnya juga masih banyak yang libur," kata Arman, pedagang daging sapi di Pasar Atas.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018