Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyebutkan sejak Januari hingga Maret tahun ini tercatat 55 ibu hamil memanfaatkan program Jaminan Persalinan (Jampersal) secara gratis untuk melahirkan.

"Sebanyak 55 ibu hamil itu memanfaatkan jampersel gratis untuk melahirkan secara normal maupun operasi di puskesmas dan RSUD setempat," kata Kabid Bimbingan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Heri Junaidi di Mukomuko, Senin.

Ia menyatakan hingga Juni 2018 jumlah ibu hamil yang memanfaatkan jampersal diperkirakan sudah mencapai 100 orang, namun instansinya belum menerima data ibu hamil yang memanfaatkan jampersel itu dari puskesmas dan RSUD setempat.

Instansinya menerima penambahan data ibu hamil yang memanfaatkan jampersel untuk melahirkan saat masuk usulan pembayaran peserta jampersal dari puskesmas dan RSUD setempat.

Ia menyebutkan tahun ini anggaran jampersal untuk daerah tersebut sebesar Rp2,027 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). Anggaran itu meningkat dibandingkan dengan pada tahun sebelumnya sebesar Rp1,9 miliar.

Ia menyatakan dari anggaran sebesar itu, setiap ibu hamil dari perkiraaan sekitar 200 ibu hamil yang memanfaatkan program tersebut mendapatkan jatah anggaran untuk melahirkan dengan cara operasi cesar sebesar Rp30 juta.

Anggaran untuk setiap ibu hamil yang melahirkan secara normal lebih sedikit dibandingkan dengan melahirkan dengan operasi cesar.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018