Bengkulu (Antaranews Bengkulu)  Dua bunga Rafflesia sp dengan jenis berbeda yakni Rafflesia arnoldii dan Rafflesia bengkuluensis ditemukan sedang mekar di dua kawasan hutan berbeda di Provinsi Bengkulu yang dapat menjadi destinasi wisata.

Ada dua jenis bunga Rafflesia yang mekar bersamaan di dua lokasi berbeda dan fenomena tersebut dapat menjadi daya tarik para turis,? kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu, Sofian Ramadhan di Bengkulu, Rabu.

Sofian mengatakan satu bunga jenis Rafflesia arnoldii mekar sempurna di kawasan Hutan Lindung Bukit Daun di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah. Sedangkan satu bunga lainnya yakni Rafflesia bengkuluensis mekar di kawasan hutan di Kabupaten Kaur.

Menurut dia, relawan pelestari puspa Rafflesia sudah membuat jalan setapak menuju lokasi bunga mekar tersebut sehingga memudahkan pengunjung untuk menikmati keunikannya.

Kalau habitat yang paling dekat dari Kota Bengkulu ada di Kabupaten Bengkulu Tengah, bisa ditempuh berkendara roda dua selama 90 menit,? ucapnya.

Sementara lokasi habitat lainnya di wilayah Kabupaten Kaur dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat selama empat hingga lima jam.

Komunitas pelestari bunga langka Kaur, Andri Yan mengatakan lokasi bunga Rafflesia bengkuluensis yang mekar merupakan habitat baru yang ditemukan anggota komunitas dalam dua hari ini.

Habitat ini kami temukan setelah mendapat informasi awal dari warga Desa Manau IX,? katanya.

Hingga saat ini terdapat empat spot atau lokasi habitat bunga Rafflesia bengkuluensis di kawasan sekitar desa yang masuk dalam Kecamatan Padang Guci Hulu tersebut.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018