Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Bupati Mukomuko Choirul Huda mengharapkan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini tetap mengutamakan putra daerah setempat.

"Kita ingin proses penerimaannya tetap memakai standar umum. Kalau pun penerimaannya dilimpahkan ke pemerintah pusat tetap masyarakat di daerah ini dipikirkan," katanya di Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Rabu.

Pemerintah daerah setempat hingga kini belum mengetahui bagaimana sistem penerimaan CPNS yang akan diterapkan oleh pemerintah pusat.

Ia berharap, sistem penerimaan CPNS yang diterapkan oleh pemerintah pusat nantinya itu mempertimbangkan kemampuan dan pengetahuan masyarakat di daerah tersebut.

Ia menyatakan, harus diakui ada ketimbangan pengetahuan antara masyarakat di daerah dengan di kota besar.

Untuk itu ia berharap, dalam penerimaan CPNS nantinya ada sebagian masyarakat di daerah itu yang diprioritaskan.

"Karena yang tahu daerah ini adalah masyarakat setempat. Makanya, sistem ini dikelola dengan bagus supaya ada peluang masyarakat setempat menjadi CPNS," katanya.

Dia tidak ingin kesempatan ini tidak diambil oleh masyarakat setempat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Mukomuko, Jawoto sebelumnya menyatakan daerah ini mengusulkan penerimaan CPNS sebanyak 329 orang kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). "Usulan tersebut berdasarkan kebutuhan dan analisa jabatan (anjab) tahun ini," ujarnya.

Pemerintah daerah setempat saat ini membutuhkan penambahan calon aparatur sipil negara (CASN) sekitar 1.500 orang.

Ia mengusulkan penerimaan CASN sebanyak ribuan orang itu dilaksanakan secara bertahap setiap tahun.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018