Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan realisasi program inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik untuk ternak sapi di daerah itu mencapai 1.249 ekor, atau sebesar 95,63 persen dari target yang sebanyak 1.300 ekor.

"Realisasi IB di daerah ini kurang dari lima persen lagi dari target, kami yakin dalam beberapa bulan ke depan mencapai target," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Minggu.

Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pertanian tahun ini mendapat jatah untuk melaksanakan kegiatan inseminasi buatan (IB) terhadap induk sapi produktif dengan target sebanyak 1.300 ekor sapi.

Ia mengatakan, realisasi IB mencapai sebanyak 1.249 ekor sapi atau sebesar 95,63 persen dari target sebanyak 1.300 induk sapi yang menjadi sasaran IB itu terhitung hingga bulan Juni tahun ini.

Dikatakan, instansinya masih mempunyai waktu beberapa bulan ke depan untuk merealisasikan kegiatan IB sesuai dengan target yang telah ditetapkan tauhun ini.

Warsiman menyatakan, petugas peternakan dan kesehatan hewan kecamatan terus memberikan pelayanan kesehatan berupa kawin suntik atau inseminasi buatan gratis terhadap hewan ternak milik warga di daerah tersebut.

Ia menyatakan, setiap bulan lebih dari 100 induk sapi yang telah diberikan IB oleh petugas peternakan dan kesehatan hewan di daerah tersebut.

Selanjutnya tujuan dari kegiatan IB ini untuk mempercepat induk sapi bunting kemudian melahirkan.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018