Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengusulkan 94 pendidikan anak usia dini (PAUD) di daerah itu dapat bantuan pemerintah.

Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Disdikbud Rejang Lebong, Meli Resmani di Rejang Lebong, Senin, mengatakan 94 PAUD tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong ini diusulkan untuk menerima bantuan operasinal pendidikan (BOP) yang brrsumber dari DAK non fisik.

Bantuan untuk PAUD itu sendiri diberikan oleh pemerintah pusat berdasarkan jumlah siswa yang ada di masing-masing PAUD, per siswanya akan menerima dana BOP Rp600.000 per semester, di mana dana ini bisa digunakan untuk pembangunan atau operasional di PAUD.

Dana bantuan PAUD tersebut diberikan pemerintah pusat guna mendukung biaya operasional non personalia bagi anak usia dini yang diberikan kepada satuan PAUD dan satuan pendidikan non formal yang menyelenggarakan program PAUD.

Dengan adanya dana BOP ini diharapkan dapat meringankan biaya operasional dan beban biaya pendidikan bagi orang tua dalam upaya mengikutsertakan anaknya pada layanan PAUD berkualitas di satuan PAUD atau satuan pendidikan non formal.

Penggunaan BOP ini sudah diatur dalam tiga komponen yaitu untuk kegiatan pembelajaran dan bermain seperti kertas, kerayon hingga kegiatan pertemuan dengan orang tua atau wali murid.

Kemudian penggunaan lainnya untuk kegiatan pendukung seperti penyediaan buku administrasi, pembelian P3K, biaya pertemuan guru, menambah transport pendidikn dan penyediaan makanan sehat. Seterusnya untuk kegiatan perawatan sarana dan prasarana termasuk pembayaran rekening PDAM, telepon dan listrik.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018