Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, saat berada di Kabupaten Rejang Lebong, Selasa, mengajak masyarakat setempat agar memanfaatkan pekarangan rumah ditanami anek jenis tanaman menghasilkan untuk mendukung ketersediaan bahan pangan.

"Untuk menjaga ketersiadaan bahan pangan di tingkat rumah tangga, kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah guna ditanami tanaman bahan pangan," kata Plt Gubernur Bengkulu saat menghadiri lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) tingkat Provinsi Bengkulu yang dilaksanakan di Rejang Lebong.

Pemanfaatan pekarangan rumah untuk pemenuhan pangan tambah dia, bisa dilakukan sejak jauh-jauh hari dengan menanam tanaman bahan pangan atau jenis sayuran, di mana selain dapat membantu penghematan biaya pengeluaran juga bahannya aman dikonsumsi.

Pada lomba B2SA tingkat Provinsi Bengkulu yang dilaksanakan di Gedung Diklat Danau Mas Harun Bestari di Kecamatan Selupu Rejang kali ini, ia mengingatkan para pesertanya bisa direalisasikan di rumah masing-masing sehingga tidak terkesan hanya ditampilkan dalam perlombaan saja.

"Jangan sampai hanya sekedar untuk lomba saja sedangkan di rumah masing-masing hanya menyediakan satu menu saja selama sehari. Apalagi menunya menarik, enak gurih sehingga tidak membosankan bagi keluarga," ujarnya.

Pada lomba menu B2SA yang diselenggarakan di Rejang Lebong ini, ia menilai panitia harus memerhatikan kondisi bahannya harus aman dan sehat, kemudian di olah sebaik mungkin dengan menjadikannya beragam.

Selain itu juga harus bisa merubah pola fikir masyarakat agar setiap makan tidak mesti nasi, namun yang terpenting adalahnya kandungan gizinya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi dalam kesempatan itu menyatakan kegiatan yang dilaksanakan itu juga menjadi ajang mempromosikan potensi wisata yang ada di Rejang Lebong terutama Danau Mas Harun Bastari yang akan dijadikan sebagai lokasi festival bunga pada 2020 mendatang.

Pada lomba cipta menu B2SA yang dilaksanakan di Rejang Lebong ini keluar sebagai juara pertama adalah Kabupaten Mukomuko dan juara kedua Kabupaten Kepahiang, kemudian juara ketiga Kabupaten Kaur.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018