Lombok Barat (Antaranews Bengkulu) - Komandan Distrik Militer (Dandim) 1606/Lombok Barat Letnan Kolonel Czi Djoko Rahmanto, menyatakan renovasi rumah Lalu Muhammad Zohri di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, ditargetkan rampung pada 15 Agustus 2017.

"Renovasi sudah mencapai 17 persen dan target selesai 15 Agustus sehingga bisa menjadi kado bagi Zohri pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2018," kata Letkol Letnan Kolonel Czi Djoko Rahmanto, ketika dihubungi di Lombok Barat, Jumat.

Anggota TNI AD mulai melaksanakan perbaikan sejak Sabtu (14/7). Lokasi rumah juara dunia atletik U-20 tersebut di Dusun Karang Pangsor, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Proses perbaikan rumah tidak akan menghilangkan bentuk asli sesuai permintaan keluarga dengan alasan peninggalan orang tua dan banyak kenangan Zohri dalam meniti karir hingga menjadi juara dunia.

Perbaikan rumah gubuk berukuran 5 x 7 meter berdinding bambu dilapisi koran bekas tersebut juga melibatkan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Bantuan perbaikan rumah tersebut juga dengan perbaikan jalan menuju rumah Zohri sepanjang 200-300 meter yang akan dikerjakan oleh Praja IPDN bersama personel TNI AD.

"Jumlah personel TNI AD yang dilibatkan dalam pelaksanaan renovasi rumah Zohri sebanyak 50 orang," ujar Djoko.

Lalu Muhammad Zohri mengukir prestasi pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, 10-15 Juli 2018. Pemuda berusia 18 tahun itu merebut medali emas pada nomor bergengsi lari 100 meter putra.

Di babak final, Zohri finish pertama dengan catatan waktu 10,18 detik. Dia mengalahkan dua pelari asal Amerika Serikat, Anthony Schwartz (10,22) dan Eric Harrison (10,22). Urutan keempat diraih pelari Afirka Selatan, Thembo Monareng dengan 10,23 detik.

Pewarta: Awaludin

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018