Manado (Antaranews Bengkulu) - Presiden RI, Joko Widodo mengundang 98 wali kota di Indonesia, termasuk Manado, Sulawesi Utara, membahas berbagai persoalan yang terjadi di daerah. 

"Dalam pertemuan yang dilaksanakan Senin pagi, Presiden Jokowi meminta seluruh wali kota tanggap terhadap isu-isu yang berkembang, baik nasional maupun internasional, khususnya menyangkut ekonomi akibat tekanan yang dilakukan negara luar terhadap Indonesia," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut di Manado, Selasa.

Dia mengatakan, pertemuan tersebut merupakan inisiatif presiden untuk mendengarkan serta memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan kota termasuk Kota Manado. 

Karena itu, dia menyampaikan terima kasih kepada presiden yang sangat peka dalam menanggapi berbagai keluhan dari para wali kota sekaligus memberikan masukan dan arahan.

"Arahan dan masukan dari Ppresiden Joko Widodo, akan sangat bermanfaat bagi Kota Manado, terutama dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan," katanya. 

Dia mengatakan, dalam pertemuan itu presiden mengatakan, negara-negara di dunia bukan hanya Indonesia, merasakan baik yang berkaitan dengan perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina, juga yang berkaitan dengan kenaikan suku bunga The Fed di Amerika,  yang tidak bisa diintervensi.

Lumentut mengatakan, presiden mengingatkan agar kepala daerah  tidak perlu terlalu khawatir, sebab yang penting apa yang terjadi sudah diketahui. 

Selain itu, kata Lumentut, Presiden Jokowi juga mengingatkan para wali kota melakukan antisipasi terhadap perubahan dunia yang begitu cepat, diantaranya revolusi industri 4.0 yang perubahannya sudah diprediksi, termasuk mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia. 

"Kita harus sadar betul bahwa akan terjadi perubahan besar yang sangat cepat sekali, kota juga harus menyiapkan diri dalam mengantisipasi dengan menyiapkan SDM menghadapi perubahan yang sangat cepat," katanya mengutip pernyataan Presiden. 

Presiden juga mengatakan,  kepala daerah pasti sudah tahu "artificial intelligence", big data kemudian penemuan-penemuan yang berkaitan hyperspace, Tesla. "Jadi kalau menyadarinya akan sadar betul apa sih yang harus kita disiapkan," ujarnya.

Pewarta: Joyce Hestyawatie B

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018