Mukomuko (ANTARA Bengkulu) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu memetahkan dua dari 15 kecamatan di daerah itu rawan terhadap bencana kebakaran karena mayoritas tanahnya gambut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Jasni Bahari, di Mukomuko, Selasa mengatakan, kedua kecamatan itu banyak terdapat lahan gambut, sehingga jika musim kemarau mudah terbakar.

Untuk memengantisipasi kebakaran pihak BPBD setempat telah melakukan berbagai upaya, di antaranya membatasi bagian lokasi tanah gambut, sehingga jika terjadi kebakaran lahan gambut api tidak merambat ke sekitarnya.

"Mulai dari sekarang telah kami berikan solusi kepada warga terutama di wilayah rawan kebakaran agar membangun siring atau drainase agar ketika terjadi kebakaran tidak meluas ke bagian lain," ujarnya.

Selain itu, pihaknya melarang warga di wilayah itu membuka lahan baru untuk pertanian dan perkebunan dengan cara membakar, sehingga tidak menimbulkan kebakaran lahan dapat musim kemarau, katanya.(fto)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012