Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, dalam waktu dekat akan membangun akses jalan menuju kawasan wisata air terjun Batu Betiang di Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong, Darmansyah, di Rejang Lebong, Senin, mengatakan pembangunan akses jalan tersebut akan dilakukan oleh dinas pekerjaan umum setempat secara bertahap.

"Tahun ini akan dilakukan pembangunan jalan menuju air terjun Batu Betiang, sedangkan untuk pembangunan fasilitas umum lainnya seperti tempat parkir, tempat istirahat dan lainnya akan dilaksanakan tahun depan," katanya.

Dalam proses pembangunan sarana dan prasarana kawasan wisata di daerah itu, pihaknya hanya membuat desain tapak dari pembangunannya sedangkan yang mengerjakannya adalah Dinas Pekerjaan Umum Rejang Lebong.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Rejang Lebong, Yusran Fauzi, di tempat terpisah mengatakan pihaknya pada tahun ini akan membangun jalan wisata menuju Air Terjun Batu Betiang di Kecamatan Bermani Ulu Raya dengan anggaran senilai Rp3 miliar.

Jalan yang akan dibangun menuju kawasan wisata yang berada dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) tersebut, kata dia, sepanjang 3,4 km dengan lebar dua meter, sesuai dengan izin yang dikeluarkan Kementerian LHK.

"Jalan yang akan dibangun ini sesuai dengan izin yang dikeluarkan Kementerian LHK. Selain itu dengan anggaran yang tersedia saat ini belum bisa menyelesaikannya secara keseluruhan. Anggaran ini baru bisa untuk membuka jalan dan membangun jalan rabat beton sepanjang 1 Km," ujarnya.

Untuk memudahkan proses pembangunan jalan di dalam kawasan TNKS itu, pihaknya mempelajari MoU dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terkait dengan tata cara pengelolaan dan pembangunan jalan dalam kawasan hutan lindung ini.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018