Mukomuko (Antaranews Bengkulu)  Realisasi program bedah rumah di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, hingga kini baru mencapai 30 persen dari target sebanyak 477 unit rumah tidak layak huni tahun 2018 yang tersebar di sejumlah kecamatan di daerah itu.

"Sampai sekarang ini sebesar 30 persen dari sebanyak 477 unit rumah tidak layak huni yang selesai direhabilitasi. Masih ada sekitar 70 persen lagi," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Mukomuko Edi Yanto di Mukomuko, Jumat.

Ia menargetkan, rehabilitasi sebanyak 477 unit rumah tidak layak huni milik warga miskin di daerah itu selesai sekitar bulan September tahun ini, atau sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Ia menyatakan, seluruh keluarga warga setempat yang mendapatkan program ini telah menerima penyaluran dana untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni dari pemerintah pusat.

Selanjutnya warga yang menggunakan dana tersebut untuk membeli berbagai material bangunan untuk merehabilitasi rumah tidak layak huni tersebut.

Kabupaten Mukomuko pada tahap pertama tahun ini mendapat kuota rehabilitasi sebanyak 477 rumah tidak layak huni milik warga miskin setempat melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari pemerintah pusat.

Ia menyatakan jumlah rumah yang direhabilitasi pada tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan jumlah bangunan rumah yang direhabilitasi tahun sebelumnya sebanyak 204 rumah.

Daerah itu pada tahun ini kembali menerima penambahan kuota rehabilitasi rumah tidak layak huni milik warga miskin dari pemerintah pusat sebanyak 263 unit rumah.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018