Mukmuko (Antaranews Bengkulu) - Sebanyak dua dari 148 desa di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang belum menerima penyaluran dana desa tahap kedua sebesar 40 persen, karena ada sisa lebih anggaran dana desa tahun 2017 akan segera mendapat penyaluran dana tersebut.

"Sekarang ini berkas usulan pencairan dana desa tahap dua milik dua desa tersebut diajukan ke Badan Keuangan Daerah (BKD), tidak lama lagi dua desa itu menerima penyaluran dana desa," kata Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto di Mukomuko, Jumat.

Dua desa, yakni Desa Penarik dan Desa Air Merah yang belum menerima penyaluran dana desa tahap kedua sebesar 40 persen disebabkan dua desa ini masih memiliki Silpa atau sisa lebih anggaran dana desa Tahun 2017 sebesar 30 persen yang harus dilaporkan pengunaannya.

Sekarang ini dua desa itu sedang menunggu penyelesaian administrasi di Badan Keuangan Daerah untuk pencairan dana desa tersebut.

"Pihak BKD sedang memprosesnya. Dalam waktu dekat dua desa menerima penyaluran dana desa tahap kedua," ujarnya.

Inspektorat Wilayah setempat telah melakukan koreksi berkas pengajuan pencairan dana desa tahap kedua milik dua desa di Kecamatan Penarik dan Kecamatan Malin Deman tersebut.

Dua desa tersebut telah mendapat rekomendasi dari Inspektorat Wilayah setempat untuk menerima penyaluran dana desa tahap kedua tahun ini.

Sebanyak 148 desa yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu tahun ini mendapatkan dana desa sebesar Rp106 miliar dan alokasi dana desa sebesar Rp51 miliar.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018