Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Kalangan petani di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, dalam waktu dekat ini akan mendapat bantuan traktor tangan dari Kementrian Pertanian sebanyak 50 unit.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Taman SP di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan bantuan traktor tangan dari Kementan ini akan diberikan kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani tersebar dalam 15 kecamatan di daerah itu.

"Alhamdulillah Kementerian Pertanian pada tahun ini memberikan bantuan hand tracktor sebanyak 50 unit, di mana bantuan ini akan diberikan kepada kelompok tani tersebar dalam masing-masing kecamatan," ujarnya.

Bantuan traktor ini tambah dia, diberikan oleh pemerintah pusat melalui Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu, di mana dari jumlah itu lima unit diantaranya tidak dibagikan kepada kelompok tani karena akan dijadikan brigade di dinas pertanian setempat.

"Yang 45 unit akan dibagikan kepada kelompok tani, sedangkan lima unitnya akan dijadikan brigade di Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong," tambah dia.

Kelima unit traktor ini nantinya akan digunakan atau dipinjamkan guna keperluan mendesak, seperti untuk petani yang membutuhkannya karena traktor bantuan mereka sedang dipakai di tempat lain. Atau untuk dipakai petani lainnya yang belum mendapat bantuan traktor.

Traktor bantuan Kementan itu sendiri kata Taman, akan dibagikan kepada 45 kelompok tani yang saat ini masih dalam proses tahap verifikasi lapangan guna melihat langsung kelompok tani calon penerima bantuan dan mengetahui komitmen mereka setelah mendapatkan bantuan alsintan itu.

"Kelompok tani yang kami verifikasi ini berjumlah 61 kelompok, dan yang sudah di verifikasi sebanyak 48. Sisanya akan kami selesaikan dalam waktu dekat ini sembari menunggu petunjuk dari Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu," kata Taman.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018