Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyiapkan sebanyak 2.951 surat suara cadangan untuk pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 38 desa di daerah itu. 

Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto di Mukomuko, Kamis, instansinya menyiapkan surat suara cadangan untuk mengantisipasi penambahan jumlah pemilih pilkades serentak di 38 desa di daerah itu.

"Kami telah mencetak sebanyak 32.249 surat suara untuk pilkades serentak di daerah ini. Dari surat suara sebanyak itu, sebanyak 2.951 surat suara di antaranya cadangan, atau sebesar 10 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 29.298 orang," ujarnya.

Surat suara cadangan itu, selain untuk persiapan apabila ada pemilih tambahan dalam DPT untuk pilkades serentak di daerah itu, surat suara cadangan bisa digunakan untuk mengganti surat suara yang rusak. 

Ia menyatakan, instansinya akan mendistribusikan semua surat suara tersebut, termasuk surat suara cadangan ke 38 desa yang menyelenggarakan pilkades serentak tahun ini.

Setelah itu, panitia penyelenggara pilkades serentak di 38 desa di daerah itu yang memanfaatkannya. 

"Surat suara cadangan itu dibagi rata kepada setiap desa yang menyelenggarakan pilkades serentak," ujarnya.

Berdasarkan perhitungan setiap desa dari sebanyak 38 desa yang menyelenggarakan pilkades serentak mendapatkan surat suara cadangan sekitar 77 lembar. 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018