Mukomuko (Antaranews Bengkulu)  Pendistribusian logistik pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 38 desa di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mendapat pengawalan kepolisian resor setempat, Selasa.

Berdasarkan pantauan di Mukomuko, Selasa, sejumlah personel Polres setempat mengawal sebanyak lima kendaraan yang membawa logistik pilkades dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa setempat ke 38 desa yang menyelenggarakan pilkades serentak tahun ini. 

Asisten I Pemerintahan Kabupaten Mukomuko Gianto mengatakan, pemerintah setempat mengharapkan polisi mengawal distribusi logistik pilkades mulai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa hingga ke 38 desa yang menyelenggarakan pilkades serentak tahun ini. 

Selain itu, katanya, sejumlah personel polres tersebut juga menjaga logistik pilkades di setiap tempat pemungutan suara (TPS) di daerah itu. 

Ia menyatakan, tidak ada masalah dinas terkait menggunakan sebanyak lima mobil pick up itu untuk membawa logistik pilkades serentak di 38 desa di daerah itu, karena jumlah logistik tidak terlalu banyak.

Ia menjelaskan, setiap mobil membawa logistik pilkades untuk setiap kecamatan dari lima kecamatan di daerah itu.

Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto menyatakan pendistribusian logistik pilkades serentak di 38 desa di daerah itu yang rencananya hari Senin (10/9) ditunda pada hari ini, atau satu hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara, yakni tanggal 12 September.

Pendistribusiannya ditunda demi keamanan. Karena kalau pendistribusiannya hari ini, maka logistik pilkades itu hanya selama satu malam berada di tempat pemungutan suara, ujarnya.

Pihaknya mendistribusikan logistik pilkades seperti kotak suara, bilik suara, surat suara dan berbagai alat tulis kantor (ATK) untuk keperluan panitia penyelenggara pilkades serentak di 38 desa di daerah itu.

Semua logistik pilkades tersebut akan dimasukkan dalam 76 kotak suara untuk pilkades serentak di 38 desa di daerah tersebut. 

Jumlah peserta pilkades serentak di 38 desa di darah itu, katanya, berdasarkan keputusan bupati setempat sebanyak 106 orang peserta. 

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018