Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 sebesar 78 persen dari daftar pemilih tetap (DPT).

Koordinator Divisi Tekhnis dan Partisipasi Pemilih KPU Kabupaten Rejang Lebong Fahamsyah di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya rutin menyosialisasikan pemilu, salah satunya ialah menyasar kalangan pemilih pemula.

Sosialisasi di kalangan pemilih pemula tersebut, kata dia, selain untuk mengenalkan pelaksanaan pemilu itu sendiri juga meningkatkan partisipasi pemilih di kabupaten setempat.

Target partisipasi pemilih pada pemilu yang dipatok tersebut, menurut dia, jauh lebih lebih tinggi daripada Pemilu 2014 sebesar 76 persen.

Ia optimistis target partisipasi pemilih pada pemilu serentak pada tahun depan akan meningkat karena saat ini tingkat kepedulian masyarakat dalam masalah politik mulai meningkat.

Untuk mewujudkan target tersebut, KPU setempat sudah menyiapkan berbagai kegiatan sosialisasi, seperti di SMA dan sederajat. Anggota KPU bertindak menjadi pembina upacara setiap hari Senin. Kegiatan ini sejak 24 September 2018.

"Pada tahap awal ini, kami baru mengambil sampel pada beberapa sekolah, terutama yang berada di perkotaan dahulu, dan mulai hari ini tadi sudah dilaksanakan. Sosialisasi Pemilu ini diberikan saat upacara bendera," katanya.

Rencana sosialisasi lainnya yang akan dilakukan KPU Kabupaten Rejang Lebong ialah sosialisasi perguruan tinggi, kemudian seluruh sekolah tingkat atas, selanjutnya komunitas anak muda.

"Hal ini penting mengingat jumlah pemilih pemula di dalam DPT setempat mencapai 50.000 jiwa dari DPT sebanyak 199.213 jiwa," katanya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018