Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyatakan 423 penyandang disabilitas yang ada di daerah itu sudah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

Ketua KPU Rejang Lebong, Restu S Wibowo di Sekretariat KPU Rejang Lebong, Kamis, mengatakan dari 199.213 orang yang masuk dalam DPT Pemilu Rejang Lebong terdapat 423 orang dari penyandang disabilitas yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong.

"Dari 423 pemilih disabilitas yang sudah tercantum dalam DPT Pemilu di Kabupaten Rejang Lebong ini terbanyak berada di Kecamatan Selupu Rejang dan Kecamatan Curup Timur dengan masing-masing Kecamatan berjumlah 50 orang," ujarnya.

Pemilih penyandang disabilitas ini terdiri atas pemilih berkebutuhan khusus berupa tuna daksa atau cacat tubuh, tuna rungu/wicara, tuna netra, tuna grahita dan disabilitas lainnya.

Pada Pemilu 2019 mendatang, penyandang disabilitas ini nantinya tidak disediakan tempat pemungutan suara (TPS) khusus dan akan memilih di TPS umum. Namun surat suara yang akan mereka gunakan berbeda.

Selain tidak menyediakan TPS khusus bagi penyandang disabilitas termasuk di Lapas Klas II A Curup, namun kalangan warga binaan yang sudah termasuk dalam DPT Pemilu 2019 sebanyak 56 orang akan menggunakan hak pilihnya di TPS 2 dan 5 Kelurahan Adi Rejo, Kecamatan Curup yang didirikan di dalam Lapas Klas II A Curup.

Sementara itu rincian pemilih disabilitas yang sudah masuk dalam DPT Rejang Lebong ini diantaranya dalam Kecamatan Kota Padang sebanyak 14 pemilih. Kemudian Kecamatan Padang Ulak Tanding sebanyak 35 pemilih, Kecamatan Sindang Kelingi sebanyak 31 orang, Kecamatan Curup sebanyak 34 pemilih.

Selanjutnya Kecamatan Bermani Ulu sebanyak 27 pemilih, Kecamatan Selupu Rejang sebanyak 50 pemilih, Kecamatan Curup Utara terdapat 34 pemilih, Kecamatan Curup Timur sebanyak 50 pemilih, Kecamatan Curup Selatan terdapat 18 pemilih, Kecamatan Curup Tengah sebanyak 36 pemilih.

Kecamatan Binduring terdapat 31 pemilih, Kecamatan Sindang Beliti Ulu sebanyak 29 pemilih, Kecamatan Sindang Dataran tiga orang pemilih, Kecamatan Sindang Beliti Ilir 30 pemilih serta dalam Kecamatan Bermani Ulu Raya satu orang pemilih.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018