Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Petugas BPJS Kesehatan Cabang Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyosialisasikan program jaminan kesehatan nasional-kartu Indonesia sehat (JKN-KIS) hingga ke pelosok desa.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Curup, Syafrudin Imam Negara di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan sosialisasi ke pelosok desa yang mereka lakukan ini dalam rangka mewujudkan cita-cita jaminan kesehatan semesta (universal health coverage) melalui program JKN-KIS.

"Sosialisasi program JKN-KIS ke setiap desa ini dilakukan dengan menggunakan mobil care service atau MCS," ujarnya

Dijelaskannya, karena keterbatasan mobil yang mereka miliki sehingga program layanan yang menggunakan MCS ini baru bisa dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong saja, sedangkan tiga kabupaten lainnya yang menjadi wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Curup yaitu Kabupaten Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Utara, belum bisa dilakukan.

Untuk ketiga daerah lain yang belum terjangkau program ini, akan mereka laksanakan dengan menggunakan kendaraan lain bukan kendaraan khusus.

Kendaraan MCS milik BPJS Kesehatan Cabang Curup itu tambah dia, sudah dioperasikan April lalu dan hingga kini sudah menyambangi 18 dari 122 desa di Rejang Lebong, terutama desa-desa yang berada di pelosok dan jauh dari kota seperti dalam wilayah Kecamatan Kota Padang.

Untuk mendatangi desa-desa ini pihak terlebih dahulu berkoordinasi dengan masing-masing kepala desa, dan jika mereka bersedia mengumpulkan warganya untuk mendapat sosialisasi dari BPJS Kesehatan maka petugas dari BPJS Kesehatan langsung menuju ke lokasi.

Dalam kegiatan sosialisasi di desa-desa pelosok ini pihaknya menjelaskan manfaat dari program JKN-KIS, juga mengedukasi masyarakat yang sudah terdaftar namun kesadaran untuk membayar iuran bulanannya masih rendah, dengan kegiatan tersebut diharapkan kesadaran masyarakat untuk membayar iuran JKN-KIS akan meningkat.

"Dalam kegiatan sambang desa ini, kami juga membuka layanan pendaftran dan pembayaran iuran, karena dalam program ini kita juga bekerja sama dengan agen PPOB," kata Imam.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018