Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mengadakan kegiatan gerakan melindungi hak pemilih (GMHP) keliling dengan mendatangi kelompok masyarakat di daerah ini.

"GMHP mobile ini dilakukan untuk memastikan masyarakat Rejang Lebong sudah terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2019 nanti. Program GMHP mobile ini dengan mendatangi kegiatan kelompok masyarakat baik di lapangan, pasar maupun lokasi lainnya," kata Komisioner KPU Rejang Lebong yang membawahi Divisi Teknis, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Fahamsyah, di Rejang Lebong, Selasa.

Kegiatan GMHP mobile itu, ujar dia lagi, merupakan bagian dari GMHP yang dilakukan KPU setempat dengan melibatkan PPS dalam 156 desa/kelurahan di 15 PPK terhitung sejak 1-28 Oktober 2018 mendatang.

Sejumlah lokasi yang akan dikunjungi oleh petugas KPU di wilayah itu, antara lain dalam Kecamatan Curup berupa kegiatan car free day di Jalan S Sukowati dan lapangan olahraga pada 14 Oktober, kemudian wilayah Kecamatan Selupu Rejang khususnya Pasar Kamis pada 18 Oktober.

Selanjutnya dalam wilayah Kecamatan Binduriang atau Pasar Minggu pada 21 Oktober. Seterusnya di wilayah Kecamatan Curup yakni di Pasar Kaget, Kelurahan Air Putih pada 25 Oktober, kemudian Pasar Atas, Kecamatan Curup Tengah 28 Oktober.

Sebelumnya Ketua KPU Rejang Lebong Restu S Wibowo menyatakan pelaksanaan GMHP itu bertujuan untuk menyempurnakan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) yang ditetapkan pada 13 September lalu sebanyak 199.213 orang.

Petugas KPU nantinya akan memastikan tidak ada pemilih yang tidak memenuhi syarat termasuk dalam DPTHP, seperti pemilih yang sudah meninggal dunia, pemilih di bawah umur dan belum menikah, kemudian pemilih yang berubah status dari sipil menjadi anggota TNI/Polri.

Sedangkan lainnya terkait adanya data pemilih invalid, seperti nomor induk kependudukan (NIK) tidak sesuai aslinya, kemudian jumlah digit NIK tidak sesuai atau NIK yang yang belum terdaftar.

Sebelumnya, jumlah DPTHP pada 13 September lalu tercatat sebanyak 199.213 pemilih, dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 100.160 orang, dan pemilih perempuan sebanyak 99.053 orang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018