Bengkulu Selatan (Antaranews Bengkulu) - Sebanyak 16 santri dari Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi di Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, akan mengikut Perkemahan Pramuka Santri Nasional (PPSN) di Jambi.

Kegiatan itu akan diselenggarakan pada 24-30 Oktober di Bumi Perkemahan Sayoeti-Musa, Kacamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.


"Dua regu pramuka santri Bengkulu Selatan akan mewakili Provinsi Bengkulu dalam ajang PPSN tahun ini," kata Penjabat Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan Yulian Fauzi saat dihubungi dari Bengkulu, Senin. 

Yulian menjelaskan, PPSN merupakan ajang silaturahmi dan lomba giat kepramukaan bagi santri pondok pesantren di seluruh Indonesia.

Acara ini merupakan wadah pertemuaan Pramuka Penegak untuk menggalang persaudaraan, menambah pengalaman, wawasan, keterampilan, dan meningkatkan rasa pengabdian yang tinggi terhadap masyarakat.

"Kegiataan pramuka penting untuk pembangunan karakter dan kepribadian generasi muda. Karena itu, kami berharap santri-santri ini nantinya dapat menjadi pionir perdamaian," ujar Yulian.

Dalam kegiatan PPSN tersebut, pramuka santri asal Bengkulu Selatan akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan tiga semangat kepramukaan, yaitu semangat budaya pesantren, semangat budaya nusantara, dan semangat budaya nasionalisme.

"Kami harap keenambelas pramuka santri Bengkulu Selatan ini dapat mengikuti seluruh rangkaian acara itu dengan baik," harap Yulian. 

PPSN tahun ini mengangkat tema “Pramuka Santri Menebar Kedamaian untuk Indonesia yang Kuat dan Berkarakter”. Kegiatan ini akan dihadiri 5.000 santri dari 34 provinsi di Indonesia.

Pewarta: Sugiharto Purnama

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018