Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Plt Kabid Kelembagaan Masyarakat Sosial Budaya dan Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Bobi Harpa Santana menyebutkan 122 desa di daerah itu saat ini sudah mengajukan pencarian dana desa (DD) tahap ketiga.

"Saat ini pencairan dana desa tahap ketiga untuk 122 desa sudah diajukan. Sebelumnya pencairan DD tahap ketiga ini belum diajukan karena ada 22 desa yang belum membuat laporan realisasi penggunaan DD tahap I dan II," katanya di Rejang Lebong, Rabu.

Penyerahan laporan penyerapan DD tahap I sebesar 20 persen dan tahap II sebesar 40 persen tersebut diserahkan oleh masing-masing desa sebagai persyaratan untuk mencairkan DD tahap III sebesar 40 persen yang nilai keseluruhannya mencapai Rp39 miliar dari total DD yang diterima Rejang Lebong sebanyak Rp97,5 miliar.

Laporan penyerapan dan capaian output pelaksanaan DD dari masing-masing desa ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.225/PMK.07.2017, yang menyebutkan penyerapan anggaran mencapai 75 persen dan kemajuan fisik atau output minimal 50 persen sudah terlaksana.

Laporan penyerapan DD tahap I dan II tersebut sudah mereka serahkan ke Pemkab Rejang Lebong yang selanjutnya bupati setempat akan membuat laporan secara keseluruhan kepada KPPN untuk proses proses pencairan DD tahap ketiga.

"Dalam PMK nomor 225 itu menyebutkan pencairan DD tahap ketiga ini paling lambat minggu keempat November nanti," tambah dia.

Sejauh ini DD yang diterima oleh 122 desa yang ada di Rejang Lebong kata dia, selain digunakan untuk pembangunan infrastruktur juga peningkatan modal BUMDes dalam bidang kewirausahaan, kemudian pembangunan dan peningkatan kawasan desa dan lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018