Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Badan Keuangan Daerah setempat hingga kini masih melacak keberadaan semua aset pemerintah berupa kendaraan dinas, baik sepeda motor maupun mobil di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

“Kami masih mencari tahu lokasi semua kendaraan dinas karena ada beberapa kendaraan di antaranya dilaporkan hilang,” kata Kabid Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Mukomuko Budiarto di Mukomuko, Sabtu.

Badan Keuangan Daerah setempat mencatat sebanyak 1.305 unit kendaraan dinas milik pemerintah yang terdiri dari 950 unit sepeda motor,  315 unit kendaraan roda empat, sebanyak 24 unit kendaraan roda enam dan sebanyak 16 unit kendaraan roda tiga.

Ia menyatakan, instansinya sejak tahun 2017 sampai sekarang melakukan pendataan seluruh aset pemerintah berupa kendaraan dinas di organisasi perangkat daerah di daerah ini.

Instansinya melakukan pendataan dan pengecekan seluruh aset pemerintah berupa kendaraan dinas tersebut untuk memastikan kondisi fisik kendaraan tersebut, dan menentukan nilai kendaraan dinas tersebut.

Dari hasil pendataan dan pengecekan kendaraan dinas tersebut, ia mengakui, tidak menemukan bebeberapa kendaraan dinas milik pemerintah diduga kendaraan tersebut hilang.

Ia menyatakan, instansinya masih menelusuri keberadaan kendaraan dinas tersebut kepada pihak yang pertama kali menggunakan kendaraan dinas milik pemerintah setempat.

Sebagian kendaraan dinas mi.lik pemerintah setempat yang rusak parah tersebut diusulkan untuk dilelang. Kendaraan dinas ini rusak parah karena biaya pemeliharaan lebih besar dari pada manfaatnya.

Pihaknya tahun ini berencana melelang sekitar 58 unit kendaraan dinas seperti sepeda motor dan mobil terdiri dari sebanyak 24 unit sepeda motor penyuluh keluarga berencana, sebanyak 11 unit mobil ambulans dan sisanya kendaraan roda empat lainnya.

Sebanyak puluhan kendaraan dinas pemerintah setempat yang akan dilelang ini berumur lebih dari tujuh tahun atau tahun perakitan mayoritas kendaraan dinas ini di bawah tahun 2010.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018