Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Provinsi Bengkulu akan kembali menggelar perlombaan olahraga wisata tahunan bertaraf internasional bertajuk Bengkulu Triathlon 2018 sebagai upaya mendorong promosi wisata pada tingkat mancanegara.

"Acara ini akan dimeriahkan berbagai atraksi kearifan lokal yang dimiliki Provinsi Bengkulu seperti seni, budaya, kuliner hingga sejarah," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu, Merisasdi Jantan di Bengkulu, Sabtu.

Bengkulu Triathlon akan mengambil garis start di Pantai Cemara, Sungai Hitam, Kota Bengkulu, pada 22 Desember 2018 mendatang. Sebanyak sepuluh negara telah memastikan ikut bergabung dalam perlombaan ini, di antaranya Rusia dan Portugal.

"Dengan banyaknya peserta yang datang, maka kompetisi ini diharapkan dapat mengoptimalkan promosi wisata di Provinsi Bengkulu," ujarnya.
 
Bengkulu Triathlon 2017. (Foto Antarabengkulu.com)


Merisasdi menjelaskan bahwa olahraga wisata ini akan menampilkan tiga kategori lomba, yaitu jarak standar, estapet, dan sprint.

Kategori jarak standar mengharuskan peserta berenang sejauh 1,5 kilometer, bersepeda 40 kilometer, dan lari 10 kilometer. Sedangkan kategori estapet meliputi renang 1,5 kilometer, bersepeda 40 kilometer, dan lari 10 kilometer. Kemudian kategori sprint mencakup renang 750 meter, bersepeda 20 kilometer, dan lari sejauh lima kilometer.

"Rute yang kami telah buat akan membawa triatlet ke beberapa tempat paling menarik di Bengkulu, seperti Benteng Marlborough dan Rumah Pengasingan Bung Karno," sebutnya.

Lebih lanjut dia berharap, kompetisi olahraga wisata ini dapat memberikan diirect impact terhadap kunjungan wisatawan dan mempercepat laju pertumbuhan ekonomi daerah.

Pewarta: Sugiharto Purnama

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018