Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Tim Juri Lomba Desain Batik Khas Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Senin,  akan memilih sebanyak lima karya terbaik lomba desain batik yang diikuti oleh sebanyak 64 peserta dari berbagai daerah.

“Hari ini tim juri memilih sebanyak lima karya terbaik lomba desaian batik, kemudian peserta yang memiliki karya terbaik ini akan memberikan persentasi karyanya pada Rabu (12/12) dihadapan tim juri,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko A. Halim didampingi Sekretarisnya Nurdiana di Mukomuko, Senin.

Sebanyak 64 orang peserta lomba desain batik khas Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Puluhan orang peserta lomba desain batik ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah setempat melibatkan sebanyak lima orang juri terdiri dari Balai Batik Nasional, Sarjana Antropologi Balai Sejarah Padang, Sarjana Seni Rupa Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu dan dua orang tokoh masyarakat.

Sebanyak lima peserta yang memiliki karya terbaik dalam lomba ini akan mempersentasikan hasil karyanya di hadapan para juri. Kemudian para juri ini yang akan memilih satu dari lima karya terbaik dalam lomba ini.

Ia menyebutkan, tim juri dari pertama pelaksanaan memberikan penilaian hasil karya peserta lomba ini dari penggunaan kertas A4. Selain itu hasil karya tersebut mewakili adat dan budaya yang ada di daerah ini.

Karena tujuan pemerintah setempat menggelar lomba desain batik khas daerah ini guna mengangkat dan memperkenalkan adat dan budaya daerah ini kepada masyarakat dari dan luar daerah ini.

Ia menyatakan, hasil karya terbaik pertama para peserta lomba ini akan menjadi "Kain Bauki" khas daerah ini.

Sedangkan hadiah yang akan diterima oleh pemilik karya terbaik dalam lomba ini, yakni juara pertama akan mendapatkan piagam dan uang sebesar Rp20 juta, hadiah kedua piagam dan uang Rp15 juta, hadiah ketiga piagam dan uang 10 juta, harapan satu dapat piagam dan uang Rp8 juta dan harapan dua mendapatkan piagam dan uang sebesar Rp6 juta.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018