Mukomuko (Antaranew Bengkulu) – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat tahun 2019 melakukan normalisasi lima drainase untuk mengantisipasi banjir musiman saat musim hujan di daerah ini.

“Kita melakukan normalisasi lima drainase agar bisa mengalir lancar,” kata Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Sunaji di Mukomuko, Kamis.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat tahun 2019 mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp700 juta dalam APBD untuk melakukan normalisasi lima drainase.

Karena anggaran normalisasi lima drainase di daerah ini terbatas sehingga pelaksanaan kegiatannya menggunakan sistem penunjukan langsung (PL) pihak ketiga yang mengerjakannya.

Ia menyatakan, instansinya tahun 2019 melakukan normalisasi lima drainase untuk mengantisipasi banjir musiman di satuan pemukiman (SP) tiga Kecamatan Air Manjuto, RT 8 Desa Ujung Padang, normalisasi drainases Air Gending Kecamatan Ipuh dan normalisasi drainase Desa Bantal, Kecamatan Teramang Jaya.

Kegiatan normalisasi lima drainase di daerah ini selain untuk mengantisipasi banjir musiman di daerah ini, kemudian untuk mengeringkan lahan rawa sehingga lahan yang tidak produktif menjadi produktif.

“Ada beberapa lokasi lahan rawa di daerah ini yang produktif. Kita berharap dengan adanya normalisasi drainase ini membuat rawa yang tidak produktif menjadi produktif,:” ujarnya.

Sehingga pemilik lahan rawa di daerah ini bisa memanfaatkan lahannya untuk ditanami berbagai tanaman pangan dan holtikultura.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018