Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Rabu, melantik 30 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) tambahan yang bertugas di 15 kecamatan di wilayah itu.

Ketua KPU Rejang Lebong Restu S. Wibowo mengatakan bahwa pelantikan PPK tambahan itu setelah ada putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XVI/2018 yang menyebutkan jumlah anggota PPK berjumlah lima orang.

"Anggota PPK tambahan ini berjumlah dua orang per kecamatan. Jadi, totalnya ada 30 orang. Anggota PPK yang dilantik ini sebelumnya sudah mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus," katanya di Sekretariat KPU Rejang Lebong.

Dengan bertambahnya anggota PPK di 15 kecamatan di Rejang Lebong ini, dia berharap bisa menambah energi baru bagi PPK di masing-masing kecamatan yang sebelumnya berjumlah tiga orang menjadi lima orang sehingga kinerjanya lebih maksimal lagi.
 
Pelantikan anggota PPK tambahan dan anggota PPS pengganti di KPU Rejang Lebong. (Foto Antarabengkulu.com)

Selain melantik 30 anggota PPK, pihaknya pada hari yang sama juga melantik 22 anggota panitia pemungutan suara (PPS) yang tersebar dalam 19 dari 156 desa/kelurahan di Rejang Lebong setelah dilakukan evaluasi kinerja mereka selama ini.

"Anggota PPS yang dilantik ini ada 22 orang. Mereka ini diganti dengan alasan kinerjanya tidak maksimal lagi," kata Restu.

Anggota PPS yang per desa/kelurahan berjumlah tiga orang itu diganti karena beberapa kali tidak mengikuti rapat pleno. Selain itu, tidak pernah hadir dengan alasan pribadi.

Ia menyebutkan ada di antara mereka yang mengundurkan diri, pindah domisili, dan lainnya.

Sebanyak 22 anggota PPS yang dilakukan pergantian ini, yakni seorang dari Kelurahan Adirejo dan seorang dari Kelurahan Timbul Rejo. Dua orang dari Kelurahan Talang Rimbo Baru dan seorang dari Kelurahan Sidorejo.

Seterusnya dua orang dari Desa Air Lanang, seorang dari Desa Perbo dan seorang lagi dari Desa Batu Panco, Seorang dari Desa Tebat Tenong Dalam, dua orang dari Desa Pal VII, empat orang dari Kecamatan Sindang Kelingi tersebar di Desa Belitar Seberang, Pelalo, Cahaya Negeri dan Desa Sindang Jati.

Berikutnya, seorang dari Desa Talang Belitar, tiga orang dari Kecamatan Padang Ulak Tanding tersebar di Desa Belumai II, Pasar PUT dan Desa Karang Baru. Seorang dari Desa Lubuk Alai, Kecamatan Sindang Beliti Ulu, serta seorang dari Desa Lubuk Bingin Baru, Kecamatan Sindang Beliti Ilir.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019