Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Dua bunga langka dilindungi, Rafflesia gadutensis dan Rafflesia arnoldii, sedang mekar sempurna di dua lokasi berbeda di Provinsi Bengkulu.

"Dua bunga itu sedang mekar sempurna hingga sekitar empat hari ke depan," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Provinsi Bengkulu, Sofian Ramadhan saat diwawancarai di Bengkulu, Sabtu.

Dia menjelaskan, bunga berjenis Rafflesia gadutensis yang mekar sempurna itu terletak di hutan lindung Boven Lais, Bengkulu Utara. 

"Jaraknya sekitar 20 meter dari tangga seribu Air Terjun Palak Siring. Para pengunjung dapat melihat keindahan bunga ini sambil berwisata air terjun," ujarnya.

Untuk bunga Rafflesia arnoldii, lanjut Sofian, mekar sempurna di kawasan hutan Taba Penanjung, Bengkulu Tengah, yang berjarak sekitar 40 meter dari jalan raya. Menurutnya, kawasan hutan Boven Lais itu merupakan habitat penting bagi jenis bunga Rafflesia gadutensis.

"Waktu terbaik menyaksikan bunga Rafflesia pada 1-4 hari saat mekar, kalau sudah 5-7 hari maka bunga akan layu dan berwarna hitam," jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bunga Rafflesia gadutensis dan Rafflesia arnoldii merupakan dua dari lima jenis Rafflesia sp yang teridentifikasi di kawasan hutan Provinsi Bengkulu.

"Bengkulu memiliki lima jenis bunga Rafflesia sp. Ada sekitar 2-3 bunga mekar setiap bulan, terbanyak Rafflesia arnoldii," sebutnya. 

Bagi pengunjung yang ingin melihat langsung kedua puspa angka raksasa ini dapat menghubungi anggota KPPL melalui akun Instagram @kpplbengkulu, untuk mendapatkan panduan informasi dan pendampingan menuju lokasi tumbuhnya habitat bunga tersebut.

Pewarta: Sugiharto Purnama

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019