Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengatakan pendaftar relawan demokrasi untuk pemilu di daerah ini mencapai 164 orang.

"Animo masyarakat Rejang Lebong untuk menjadi relawan demokrasi cukup tinggi, terbukti dari yang dibutuhkan sebanyak 50 orang, yang mendaftar mencapai 164 orang," kata Koordinator Divisi Sosialisasi dan Penmas KPU Kabupaten Rejang Lebong Ujang Maman di Rejang Lebong, Sabtu.

Banyaknya pendaftar relawan demokrasi di daerah itu, kata dia, membuat pihaknya harus bekerja ekstra mengingat waktu penyeleksiannya cukup singkat terhitung 21 Januari dan paling lambat 28 Januari sudah dilantik.

"Peserta yang mendaftar cukup banyak, mulai 21 Januari besok akan diumumkan peserta yang lolos administrasi, kemudian seleksi wawancara," katanya.

Kalangan relawan demokrasi yang nantinya dinyatakan lulus sebanyak 50 orang, terlebih dahulu akan diberikan pembekalan sebelum menjalankan tugas di wilayahnya masing-masing.

Ia berharap mereka bisa menyosialisasikan pemilu dan mendongkrak tingkat partisipasi pemilih.

Relawan demokrasi ini bertugas membantu KPU untuk menyosialisasikan pemilu. Mereka berasal dari basis pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, komunitas, keagamaan, dan basis warga internet.

Keberadaan relawan demokrasi itu sendiri, antara lain, memberikan pemahaman maupun penyuluhan-penyuluhan di masing-masing komunitas.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019