Bengkulu  (ANTARA Bengkulu) - Nelayan Kota Bengkulu pada 2012 mengharapkan pemerintah semakin berpihak terhadap nasib mereka dan  kondisi laut yang ramah untuk mengais rezeki.

"Selama ini pemerintah memang memperhatikan nasib kami tetapi masih ada beberapa catatan yang menurut kami harus segera diperbaiki," kata Dewan Penasehat Kelompok Tani Sepang Serumpun, Senin.

Misalnya keberpihakan pemerintah terhadap nelayan khususnya di Kota Bengkulu harus lebih ditingkatkan dengan melibatkan  kelompok nelayan dalam penyaluran bantuan, karena selama ini bantuan untuk nelayan terkesan tidak tepat sasaran dan mubazir.

Bantuan selama ini cukup banyak namun tidak sesuai dengan kebutuhan nelayan misalnya nelayan diberikan bantuan kapal cincin, padahal mereka adalah nelayan kecil yang tidak mampu secara modal dan kemampuan mengoperasikannya.

Ia berharap keterlibatan itu diimplementasikan secara langsung mulai dari perencanaan sebuah program, penunjukkan, dan pemberian bantuan.

"Selama ini terkesan bantuan hanya diberikan kepada orang tertentu dan itu-itu saja. Ada juga bantuan diterima oleh bukan nelayan ini kan aneh,  pada 2012 kami berharap hal tersebut tidak terjadi lagi," kata dia.

Selain itu para nelayan juga berharap kondisi laut pada 2012 tidak "ganas" sehingga mereka dapat mencari nafkah dengan aman.

Disisi lain masyarakat nelayan juga mengharapkan pemberian bantuan modal usaha di darat pada saat musim paceklik dan pembinaan secara aktif dengan memberikan pelatihan dan manajemen organisasi nelayan terutama pengelolaan koperasi. (ANT-291)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012