Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan cerah berawan.

Berdasarkan pantauan citra satelit cuaca bahwa ada daerah liputan awan di wilayah sumatra hingga Bengkulu, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Selasa.

Ia menjelaskan, di wilayah Sumatra ada juga yang berpeluang hujan ringan antara lain terjadi di sebagian wilayah Aceh, hingga Samudera Hindia Barat Mentawai.  Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan 08 - 34 km/ jam atau 05 - 19 knots.

Daerah yang berawan di Bengkulu itu antara lain Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah dan kabupaten Lebong, dengan suhu udara berkisar 18-29 derajat celcius dan kelembaban antara 70-97 persen.

Ia juga memprakirakan, gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano rata-rata tiga meter, belum ada perubahan dari hari sebelumnya.

Angin di perairan Bengkulu berhembus dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 05-19 knots.
Demikian juga angin di perairan Enggano berpeluang berhembus juga dari arah Tenggara hingga selatan dengan kecepatan antara 08-21 knots.

Sedangkan angin di perairan Samudra Hindia Barat Bengkulu berhembus dari arah sama dengan kecepatan antara 10-23 knots, gelombang laut di wilayah itu mencapai 3,5 meter.   Pada peringatan dini BMKG memprakirakan akan terjadi gelombang laut antara tiga hingga empat meter, terutama di Samudera Hindia Barat Mentawai hingga Selatan Banten, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012