Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Satu bunga langka dilindungi Rafflesia sp berwarna merah muda mekar sempurna di hutan sekitar Sungai Palawan, Desa Ulak Bandung Kecamatan Muara Sahung, Kabupaten Kaur, Bengkulu.

“Bunga sudah mekar sempurna dalam dua hari ini dan masih bisa dinikmati hingga dua hari ke depan,” kata Zul Almahera, warga Desa Ulak Bandung saat dihubungi dari Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan habitat bunga langka tersebut cukup mudah diakses dari desa. Hanya dibutuhkan waktu selama 15 mening berjalan kaki dengan jalur yang sudah tersedia.

Baca juga: Dua Rafflesia pink pucat mekar di Kaur dan Mukomuko
Baca juga: BKSDA: Rejang Lebong termasuk habitat rafflesia

Kelompok pelestari bunga rafflesia di desa itu sudah membuat jalur setapak menuju habitat bunga yang harus ditempuh melintasi aliran sungai kecil tersebut.

Zul mengatakan pengunjung yang ingin menyaksikan keunikan bunga tersebut dapat menghubungi anggota komunitas pelestari Rafflesia sp di Desa Ulak Bandung.

Untuk menuju lokasi ini, pengunjung harus berkendara selama empat jam dari Kota Bengkulu menuju Desa Ulak Bandung, Kaur dan berjalan kaki selama 15 menit menuju habitat bunga.

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019