Seoul, (ANTARA/Reuters) - Hukuman enam bulan empat atlet bulu tangkis Korea Selatan yang dipulangkan dari Olimpiade London karena bertanding tidak serius, dihapus oleh Komite Olimpiade Korea.  
   
Jung Kyung-eun, Kim Ha-na, Ha Jung-eun dan Kim Min-jung tetap dihukum tidak boleh masuk tim nasional selama satu tahun, tetapi kini mereka bebas bertanding dalam turnamen domestik, demikian dilaporkan kantor berita Korea Yonhap, Kamis.  
   
Empat pemain ganda puteri itu, bersama pemain dari China dan Indonesia, dipulangkan dari London bulan lalu karena mencoba mengalah dalam pertandingan untuk menghindari lawan kuat pada babak berikutnya.  
   
Hal itu dianggap merupakan skandal terbesar dalam cabang bulu tangkis dalam 20 tahun ditandingkan di Olimpiade.  
   
Asosiasi Bulu Tangkis Korea sebelumnya menghukum atlet mereka dua tahun sedangkan pelatih Sung Han-kook dan asistennya Kim Moon-soo dihukum seumur hidup.  
   
Tapi setelah diadakan banding, hukuman pemain menjadi enam bulan sedangkan hukuman seumur hidup pelatih menjadi hanya dua tahun.  
   
Komite Olimpiade Korea juga meminta agar para pemain itu memberikan pernyataan tertulis berisi pernyataan bahwa mereka tidak akan mengulang lagi apa yang dilakukan mereka di London.  
   
Keputusan untuk menghapuskan hukuman secara nasional itu dilakukanhanya beberapa hari setelah Indonesia menjatuhkan sanksi kepada Greysia Polii dan Meiliana Jauhari dihukum selama empat bulan.  
   
Atlet China, Yu Yang, mengumumkan mengundurkan diri dari olahraga itu karena dipermalukan oleh skandal pada Olimpiade itu.  (ant)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012