Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bengkulu memprakirakan, terdapat dua wilayah di Bengkulu berpeluang hujan ringan dalam 24 jam ke depan.

Kedua daerah itu adalah Kabupaten Mukomuko dan Bengkulu Utara, sedangkan delapan daerah lainnya cerah berawan, kata analisis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno di Bengkulu, Diah Novita Astuti, Minggu.

Dia menjelaskan, dua daerah itu berpeluang terjadi hujan ringan pada sore hingga malam hari, dengan suhu udara berkisar 23-31 derajat Celcius, dan kelembaban antara 62-96 persen.

Sedangkan delapan daerah lainnya, antara lain Kota Bengkulu, Rejang Lebong, dan Kabupaten Seluma cerah berawan, suhu udaranya berkisar 23-31 derajat Celcius, dan kelembaban antara 58-95 persen.

Berdasarkan Citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh, Sumatera Utara, wilayah Sumatera Barat, Mentawai, sebagian wilayah Jambi hingga wilayah Bengkulu bagian utara.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah timur ke selatan dengan kecepatan 8-42 km/jam atau 5-23 knot.

Novita juga menyampaikan prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu dapat mencapai tiga meter, dan angin di wilayah itu bertiup dari timur ke selatan dengan kecepatan antara 07-22 knot.

Gelombang laut di perairan Enggano mencapai tinggi tiga meter, angin di wilayah itu berpeluang berembus dari arah tenggara ke selatan dengan kecepatan antara 8-26 knot.

Sedangkan angin di perairan barat Bengkulu bertiup dari tenggara ke selatan dengan kecepatan antara 8-26 knot, dan gelombang laut di wilayah ini mencapai 3,5 meter.

Berdasarkan peringatan dini BMKG 12 jam ke depan, gelombang 3,5 meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Bengkulu, perairan Enggano, perairan Lampung, Selat Sunda, hingga perairan Banten, ujar Novita pula. (ant)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012