Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan baru sebanyak 13 dari 47 SMP sederajat di daerah ini yang siap menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun ini.

“Sebanyak 13 SMP yang siap menggelar UNBK tahun ini, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak empat sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Winarto dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Ia menjelaskan, sedangkan jumlah siswa SMP sederajat di daerah ini yang masuk dalam daftar nominasi tetap (DNT) sebagai peserta UNBK tahun 2019sebanyak 1.158 orang siswa.

Sedangkan sebanyak puluhan SMP sederajat lainnya di daerah ini belum siap menggelar UNBK pada tahun ini karena keterbatasan sarana dan prasarana seperti komputer dan jaringan internet.
 

“Ada sekolah yang siap komputer tetapi belum siap jaringan internet, sebaliknya ada juga sekolah yang sudah memiliki jaringan internet tetapi belum memiliki peralatan komputer,” ujarnya.

Untuk itu, ia menyatakan, penerapan UNBK terhadap semua sekolah di daerah ini dilaksanakan secara bertahap setiap tahun sampai terpenuhi sarana dan prasarana penunjang

Instansinya akan terus mendorong semua sekolah yang ada di daerah ini untuk melengkapi berbagai sarana dan prasarana yang kurang untuk menggelar UNBK,” ujarnya pula.

Selain itu, ia menyatakan, instansinya pada tahun ini akan membeli sebanyak 20 unit komputer untuk SMP 7 di Kecamatan Lubuk Pinang , salah satu sekolah yang belum siap menggelar UNBK tahun ini karena tidak adanya komputer. 
 

Sedangkan anggaran untuk membeli sebanyak puluhan unit komputer untuk sekolah yang berada di perbatasan Provinsi Benkulu dengan Provinsi Sumatera Barat ini bersumber dari dana alokasi umum (DAU) tahun ini.

“Tahun ini kita membeli puluhan komputer untuk sekolah ini. Sekolah ini pada tahun depan sudah bisa melaksanakan UNBK,” ujarnya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019