Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, menyebutkan 1.612 lembar template huruf braille untuk pemilih difabel netra di daerah itu saat ini sudah tiba.

Ketua KPU Rejang Lebong Restu S Wibowo melalui Sekretaris KPU Martoni bertempat di gudang logistik KPU Rejang Lebong, Selasa, mengatakan template braille tersebut khusus untuk pemilihan anggota DPD-RI dan Pilpres saja.

"Yang kita terima sebanyak 1.612 lembar terbagi untuk pemilihan anggota DPD-RI sebanyak 806 lembar dan 806 lembar lagi untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Template ini dikirim sesuai dengan jumlah TPS, karena nantinya satu TPS hanya menggunakan satu lembar saja," ujarnya.

Template braille itu sendiri tambah dia, merupakan alat bantu bagi penyandang difabel netra, di mana penggunaan alat ini akan dibantu petugas TPS yang kemudian diletakkan di atas kertas surat suara, dan pemilih difabel ini akan memilih calonnya sesuai pilihan masing-masing.

"Satu TPS dijatahi satu template, karena selembar template ini bisa digunakan bergantian bahkan hingga 300-an orang, tetapi di TPS sini paling yang menggunakannya beberapa orang saja," tambah dia.

Template braille yang sudah tiba di daerah itu kata Martoni, selanjutnya akan dimasukkan ke dalam kotak dengan cara digulung bukan dilipat bersama dengan surat suara, alat coblos serta logistik lainnya yang akan didistribusikan ke masing-masing TPS.

Sementara itu, pihaknya saat ini masih menunggu pengiriman surat suara pengganti yang rusak maupun yang kurang saat pengiriman yang jumlahnya lebih dari 1.500 lembar, kemudian segel maupun C-1 plano hologram.

Jika kebutuhan logistik semuanya sudah tiba dan proses pengepakan sudah selesai rencananya terhitung H-3 nanti sudah didistribusikan ke 15 PPK di Rejang Lebong dan H-1 sudah sampai di masing-masing TPS.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019