Beijing,  (ANTARA Bengkulu) - Sekitar 660 juta warga China memanfaatkan libur panjang festival pertengahan musim gugur dan rangkaian Hari Nasional pada 1 Oktober dengan berlibur ke sejumlah tempat wisata di china bersama keluarga.
       
Di stasiun kereta api Beijing pada Sabtu, tiket ke sejumlah tempat di China hampir habis dipesan. Meski begitu, antrean panjang penumpang masih tampak di luar stasiun dan di depan loket.
        
Juru bicara Kementerian Transportasi He Jianzhong sebelumnya mengatakan jumlah warga China yang berlibur panjang tahun ini dengan pulang ke kampung halaman atau berwisata ke sejumlah tempat,  meningkat sekitar 8,8 persen dibandingkan periode yang sama pada 2011.
        
Diperkirakan pihak kereta api, maskapai penerbangan dan jasa marga akan melayani sekitar 82,5 juta masyarakat yang akan bepergian utamanya selama libur Hari Nasional china yakni 1-7 Oktober 2012.
        
Puncak arus mudik atau bepergian ke tempat wisata di penjuru kota di China diperkirakan menurun pada Senin (1/10) saat peringatan Hari Nasional ke-63 China.
        
Untuk masyarakat yang menggunakan kapal lalut diperkirakan mencapai 1,6 juta orang. Sedangkan yang bepergian menggunakan kereta api mencapai 75 juta orang.  
   
Khusus pada Hari Nasional China, jumlah penumpang kereta api mencapai sembilan juta orang atau naik sekitar 320.000 dari periode yang sama tahun lalu.
        
Terkait itu, pihak administrasi perkeretapian Beijing telah menyiapkan sekitar 31 kereta untuk arus balik. Begitu pun pihak serupa di Propinsi Fujian, dan Yunnan yang banyak memiliki tempat wisata menarik, utamanya di Kunming. (ant)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012