Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, menyebutkan daerah itu saat ini tengah menerima program pembentukan 90 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk warga tidak mampu di daerah itu.

Kepala Dinas Sosial Rejang Lebong, Zulfan Efendi di Rejang Lebong, Senin, mengatakan program pembentukan 90 KUBE tersebut berasal dari Kementerian Sosial dengan sasaran masyarakat tidak mampu tersebar dalam 8 dari 15 kecamatan di wilayah itu.

'"Program pembentukan 90 KUBE tahun ini tersebar dalam 8 kecamatan baik itu program KUBE desa dan KUBE perkotaan, terdiri dari 50 unit KUBE perkotaan dan 40 unit KUBE pedesaan," ujarnya.

Kalangan warga yang tergabung dalam KUBE ini kata dia, setiap unitnya beranggotakan 10 orang, di mana per anggota ini nantinya akan mendapatkan bantuan modal usaha yang akan dikembangkan di desa atau kelurahan masing-masing sebesar Rp2 juta.

Sejauh ini pembentukan 90 KUBE itu sendiri tambah dia, yang sudah selesai adalah KUBE pedesaan, sedangkan untuk KUBE perkotaan masih dalam proses pembentukan di masing-masing kecamatan.

"Khususnya untuk KUBE pedesaan prosesnya pembentukannya sudah selesai, dan dalam waktu dekat ini kalangan penerimanya akan mendapat bimtek langsung dari Kementerian Sosial," tambah dia.

Kalangan masyarakat penerima bantuan program KUBE ini kata dia, adalah kelompok masyarakat yang sebelumnya sudah mengajukan proposal ke Dinas Sosial Rejang Lebong, dan sudah di survey serta dinyatakan layak.

Penerima ini nantinya ditekankan membuka usaha yang sifatnya berkelanjutan dan dibutuhkan oleh masyarakat sekitarnya, sehingga program ini nantinya bisa menjadi salah satu upaya pengentasan kemiskinan di wilayah itu.

Adapun 90 KUBE yang dibentuk ini di Kecamatan Kecamatan Bermani Ulu dan Bermani Ulu Raya, sedangkan pembentukan KUBE perkotaan berada di Kecamatan Curup Selatan, Curup Timur, Selupu Rejang dan Kecamatan Curup Tengah menerima program KUBE pedesaan serta KUBE perkotaan.


 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019