Harga jual getah karet bersih milik petani sejumlah kecamatan di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, sejak 5 April 2019 sampai sekarang bertahan tinggi, yakni berkisar Rp8.000 per kilogram hingga Rp8.500 per kg.

“Harga getah karet bertahan di tiga kecamatan daerah ini,” kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan hal itu berdasarkan hasil pendataan harga getah karet bersih milik petani di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Air Rami, Kecamatan Penarik dan Kecamatan V Koto.

Ia menyebutkan, harga getah karet bersih milik petani di Kecamatan Air Rami sebesar Rp8.000 per kg, harga getah karet bersih petani Kecamatan Penarik Rp8.000 per kg dan harga getah karet di Kecamatan V Koto Rp8.500 per kg.

Begitu juga dengan harga getah karet kotor milik petani di tiga kecamatan di daerah ini sejak dua pekan terakhir bertahan dengan harga lebih tinggi, yakni berkisar Rp7.000 hingga Rp7.500 per kg.

Harga getah karet kotor milik petani di Kecamatan Air Rami sebesar Rp7.000 per kg, harga getah karet kotor milik petani Kecamatan Penarik sebesar Rp7.100 per kg dan getah karet di Kecamatan V Koto sebesar Rp7.500 per kg.

Ia berharap, harga getah karet milik petani di daerah ini kembali mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya agar kesejahteraan petani kebun karet di daerah ini mengalami peningkatan.

Sunandi, petani kebun karet dari Kecamatan Air Rami mengatakan harga getah karet bersih sebesar Rp8.000 per kg hingga Rp8.500 per kg belum sepenuhnya memberikan keuntungan bagi petani setempat.

Ia mengatakan, petani setempat mendapatkan keuntungan bersih di luar biaya perawatan tanaman karet dan upah sadap apabila harga getah karet bersih di tingkat petani ini mencapai lebih dari Rp10.000 per kg.

Kendati demikian, ia mengatakan, harga jual getah karet kotor dan bersih di tingkat petani sekarang ini dapat sedikit menambah pendapatan petani untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019