Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, merencanakan pembangunan perpustakaan digital di daerah itu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Rejang Lebong, Rahmandani di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan pembangunan perpustakaan digital tersebut ditargetkan selesai paling lambat akhir 2019 mendatang.

"Saat ini masih proses persiapan sarana prasarana pendukung serta SDM-nya, perpustakaan digital ini kami targetkan sudah beroperasi paling lambat akhir 2019 nanti," ujarnya.

Pembangunan perpustakaan digital itu sendiri kata dia, untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat di daerah itu dalam mengakses perpustakaan daerah, di mana data-data buku disiapkan secara digital sehingga akan memberikan kemudahan mereka dalam mencari buku yang hendak di pinjam.

"Pembangunan perpustakaan digital ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan. Jika sudah ada perpustakaan digital nantinya masyarakat yang akan meminjam buku bisa mencarinya melalui aplikasi," tambah dia.

Tahap pertama pembangunan perpustakaan digital ini kata Rahmandani, akan dilakukan di gedung perpustakaan daerah, dan nantinya diharapkan bisa diikuti oleh perpustakaan lain yang ada di Rejang Lebong khususnya perpustakaan milik SMA, SMK dan MA, yang pada 2018 lalu sudah mendapat bantuan sarana prasarana dari Pemprov Bengkulu.

Dia berharap, keberadaan perpustakaan digital di daerah itu nantinya bisa cepat terwujud sehingga dapat meningkatkan minat membaca masyarakat setempat dari berbagai kalangan baik yang mencari buku tentang ilmu pengetahuan, fiksi dan lainnya.***3***
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019