Sebanyak 299 orang calon jemaah haji (CJH) akan berangkat ke embarkasi haji di Padang Sumatera Barat dengan biaya sendiri.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjelaskan, berdasarkan aturan pemberangkatan CJH ke embarkasi haji sebenarnya dibebankan ke anggaran daerah.

Namun, mengingat Provinsi Bengkulu mendapatkan tambahan kuota haji sebesar 299 orang, Pemprov Bengkulu tidak menganggarkan untuk pemberangkatan kuota haji tambahan tersebut ke embarkasi haji.

"Tidak mungkin kita secara ujuk-ujuk bisa mengalokasikan anggaran yang jumlahnya miliaran," katanya, Kamis.

Karena keterbatasan anggaran tersebut, sambung Rohidin, Pemprov Bengkulu menyarankan bagi CJH kuota tambahan untuk menggunakan biaya sendiri saat berangkat dari embarkasi antara di Bandara Fatmawati Bengkulu ke embarkasi haji di Bandara Minang Kabau, Padang Sumatera Barat.

Bagi CJH kuota tambahan yang setuju dengan syarat tersebut maka Pemprov Bengkulu dapat mengakomodir CJH untuk dimasukan dalam daftar jamaah haji yang berangkat tahun 2019.

"Bukan kita tidak mau tetapi anggarannya cukup besar sekali," paparnya.

Rohidin menambahkan, saat ini Pemprov Bengkulu dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu telah merampungkan pembagian tambahan kuota haji 2019 keseluruh kabupaten dan kota di Bengkulu.

Untuk daerah yang mendapatkan tambahan kuota haji tersebut diantaranya, Kabupaten Bengkulu Utara mendapatkan tambahan 37 orang, Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 43 orang dan Kabupaten Mukomuko sebanyak 33 orang.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019