Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah memberikan bantuan sebanyak tiga kilogram racun untuk pengandalian hama tikus yang menyerang tanaman padi milik Kelompok Tani Sungai Barau Desa Aur Cina, Kecamatan Selagan raya.

“Kami memberikan bantuan sebanyak tiga kilogram racun tikus sesuai dengan kebutuhan kelompok tani,” kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wal Asri di Mukomuko, Jumat.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko  melalui Dinas Pertanian setempat memberikan bantuan  racun untuk membasmi hama tikus yang merusak padi dari kelompok Tani Sungai Barau Desa Aur Cina, Kecamatan Selagan Raya.

Selain itu, katanya, sesuai dengan keadaan tanaman padi yang diserang hama tikus berdasarkan hasil pengecekan oleh petugas pertanian kecamatan (PPK) bersama-sama dengan petugas penyuluhan pertanian.

Ia menyatakan, kelompok tani tersebut membutuhkan bantuan racun tikus untuk pengendalian hama tikus yang menyerang seluas 10 hektare dari lebih kurang 15 hektare lahan persawahan milik kelompok tani ini.

“Hama tikus tersebut menyerang bagian atau ‘spot’ tertentu pada lahan persawahan seluas 10 hektare tersebut. Tidak seluruh tanaman padi di lahan seluas 10 hektare tersebut yang rusak akibat diserang hama tikus,” ujarnya.

Ia mengatakan, instansinya memberikan bantuan racun tikus kepada kelompok tani ini selain itu menanggulangi tanaman padi yang telah diserang hama tersebut sekaligus mengantisipasi meluasnya serangan hama tikus.

Ia mengatakan, kalau sekarang ini baru bagian tertentu di lahan seluas 10 hektare milik kelompok tani di wilayah ini yang diserang hama tikus. Kalau tidak segara ditanggulangi serangan hama ini bisa meluas ke sawah milik petani lain.

Selanjutnya, ia mengatakan, anggota kelompok tani ini secara swadaya menggunakan racun tikus bantuan dari pemerintah setempat untuk menanggulangi hama tikus yang menyerang tanaman padinya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019