Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Kalimatologi dan Geofisika Bengkulu menyatakan, prakiraan gelombang laut di Barat Bengkulu 12 jam ke depan mencapai tiga meter.

Sementara gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano pada waktu bersamaan rata-rata tinggi 2,5 meter, kata analisis BMKg stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti, Kamis.

Ia mengatakan, gelombang laut di perairan Bengkulu beberapa bulan terakhir tingginya berkisar 2,5 hingga 3,5 meter bahkan pernah terjadi empat meter. Akibatnya para nelayan sebagian besar tidak melaut, terutama nelayan tradisonal karena sarana mereka sangat terbatas termasuk kapal ikan yang digunakan berukuran kecil.

Angin yang berhembus di perairan Bengkulu tetap dari arah Timur hingga Selatan, dengan kecepatan berkisar 05-20 knots, di wilayah itu berpeluang hujan ringan. Demikian juga angin di peraian Enggano dan Barat Bengkulu berhembus dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 07-21 knots.

Pada peringatan dini BMKG akan terjadi gelombang laut tinggi antara dua hingga tiga meter yang berpotensi terjadi mulai dari perairan Bengkulu, Enggano hingga perairan Lampung. Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara hingga Selat Malaka.

Selain itu juga terjadi di Sumatera Barat, Kepulauan Mentawai, sebagian Bengkulu dan Samudera Hindia Barat Sumatera Barat hingga Barat Bengkulu. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan 05 - 36 km/ jam atau 03 - 20 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu sebagian besar hujan ringan pada sore atau malam hari, terutama di wilayah Mukomuko, Kaur dan Kabupaten Bengkulu Tengah, dengan suhu udara antara 22-32 derajat celcius dan kelembaban 59-96 persen.  Sedangkan di Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Kabupaten Lebong berpeluang cerah berawan, suhu udaranya antara 19-30 derajat celcius dan kelembaban antara 62-97 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012