Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu melaporkan prakiraan gelombang laut di Barat Bengkulu mencapai tiga meter.

"Prakiraan gelombang laut tiga meter itu juga terjadi di perairan Enggano hingga perairan Lampung," kata analisis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu, Rosyidah, di Bengkulu, Jumat.

Ia menjelaskan, gelombang laut di perairan Bengkulu tetap bertahan tinggi 2,5 meter dan angin di wilayah itu berhembus dari arah timur hingga barat daya dengan kecepatan berkisar 05-20 knots. Sedangkan angin di perairan barat Bengkulu berhembus dari arah Tenggara hingga Barat daya dengan kecepatan antara 08-22 knots.

Demikian juga angin di perairan Enggano berhembus dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan antara 07-20 knots, di wilayah itu berpeluang hujan ringan. Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian wilayah Aceh hingga sebagian wilayah Sumatera Utara.

Selain itu juga terjadi di wilayah Sumatera Barat, Kepulauan Mentawai, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Samudera Hindia Barat Nias hingga Barat Bengkulu. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur hingga Barat Daya dengan kecepatan 05 - 36 km/ jam atau 03 - 20 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu, kata dia, sebagian besar turun hujan ringan pada siang hingga sore hari, terutama di Kabupaten Mukomuko dan Rejang Lebong, suhu udara berkisar  18-29 derajat Celcius dan kelembaban antara 72-98 persen.

Namun khusus di Kabupaten Kaur 12 jam ke depan tetap terjadi cerah berawan, dengan suhu udara berkisar 23-32 derajat Celcius dan kelembaban antara 60-95 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012